Rabu, 04 Januari 2012

Kenapa Baju Dokter Bedah itu Hijau

Yuhu, kembali keluar di 2012 ini dengan semangat maximum! Kali ini akan bahas kenapa baju dokter bedah itu hijau. Coba, apa alasannya hayo. Dan kenapa gw ambil ini menjadi bahasan kali ini? Kenapa gak yg lain? Let's cekidot!


Penampakan Conan 65

Oke ini berawal dari sebuah komik, tepatnya Detektif Conan. Komik seri 65 baru terbit hari ini loh, makanya beli yah! (promosi). Gw beli di Gramedia Depok yg kebetulan gak jauh dari Tanjung Barat, rumah gw. Sekarang, apa hubungannya Conan 65 ini dengan ilusi noda yg bakal kita bicarain. Yup, ternyata didalam komik ini, tepatnya di chapter terakhir, ada fakta yg menarik dan mengganggu pikiran gw. Kenapa? Karena dibagian satu halaman itu menguak tentang baju hijaunya dokter bedah. Nah berikut penggalan kata-kata yg menyangkut kenapa baju dokter bedah itu hijau.

Ran : "Ah aku hanya heran. Kenapa seragam operasi dokter bedah itu warnanya selalu hijau?
........................
Conan : "Dokter bedah waktu melakukan operasi selalu mengenakan seragam warna hijau karena 
                waktu operasi, dia kan pasti melihat banyak darah."
Yamato : "Kalau terus menerus melihat darah yang berwarna merah."
Conan : "Akan timbul ilusi noda."
Yamato : "Sehingga konsentrasinya."

Yak, setelah itu langsung Conan dan Inspektur Yamato sadar akan tersangka kasus pada chapter itu. Sehingga menimbulkan tanda tanya yg segede gunung di kepala ini. Sebenernya kenapa dan apa alasan baju dokter bedah itu hijau. Nah mari kita sama-sama berdo'a untuk tahu jawabannya. Salah-salah, disini bukan untuk berdo'a, tapi malah mau menguak apa itu alasannya.

Kondisi Conan di Gramedia

Oke, setelah berguru di Om Gugel a.k.a google.com gw mendapat pencerahan tentang kenapa dokter bedah pakeannya ijo. Gak putih, gak kuning, apalagi item. Kalo item mungkin disangka ngelayat kalih. Berikut kalimat yg gw peroleh dari Om Gugel.

Menurut seorang ahli psikologi, melihat pada warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda bewarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah. Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi noda berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan menggangu penlihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.

Nah! Gimana? Udah (agak) jelas kan  kenapa baju dokter bedah itu hijau. Ternyata ada aja alasan untuk gak dateng ke hoka-hoka bento (ini salah jalur). Yang bener adalah, ternyata ada alasannya mereka (si dokter bedah) itu make baju ijo-ijo pas lagi bedah. Bukan asal make aje mereka. Dan disini juga mengajarkan, bahwa gak selamanya komik itu berisi main-main. Weeew sesmanto yah! Maka dari itu, janganlah sekalian meremehkan komik, apalagi meremehkan membaca. Karena, membaca itu membuka wawasan kita, dan komik itu ada untuk dibaca. So, Hidup komik, hidup membaca! huahahahaha

4 komentar:

  1. Benar,hidup membaca

    "Awas jangan baca yang tidak2

    BalasHapus
  2. wah, ada education yg positif ya. tp syg anime nya di Indonesia ga blh tayang ya??

    BalasHapus
  3. wah, kurang tw deh. tp waktu tgl 1 januari kemaren ada versi movienya tayang koq

    BalasHapus
  4. jawabannya kan dijelaskan di seri 66 :)

    BalasHapus